Manajemen Media Massa

sumber : http://www.yourarticlelibrary.com/

Manajemen

Manajemen merupakan proses planning, organizing, leadership, dan controlling kegiatan organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam manajemen ada level-level yaitu top management, middle management, dan low management.

sumber : http://www.yourarticlelibrary.com/

Pers

Pers terbagi dalam beberapa media : (1) surat kabar, (2) majalah, (3) tv, dan lain-lain. Cara penyampaian dari berbagai media itupun berbeda-beda.

Dari segi isi, surat kabar dan majalah menjual kolom dan iklan, televisi menjual waktu yang diisi program dan sponsor.

Penerbitan Pers harus : (1) Sesuai keinginan pembaca, (2) kecenderungan perubahan sosial, (3) kiat-kiat kompetitor, (4) mengamati perubahan teknologi, ekonomi, politik, dan sosial.

Pendapatan penerbitan pers diperoleh dari menjual produk, kolom, dan jasa.

Karakter Media Massa

Media Massa (Mass Media) atau sering disingkat “media” adalah channel, media/medium, saluran, sarana, atau alat yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa, yakni komunikasi yang diarahkan kepada orang banyak (channel of mass communication). Media massa adalah sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas.

Yang termasuk media massa utama (mainstream) : (1) surat kabar, (2) majalah, (3) radio, (4) televisi, (5) film, (6) internet.

Media Cetak

Media Massa Cetak (Printed Media). Media massa yang dicetak dalam lembaran kertas.

Dari segi formatnya dan ukuran kertas, media massa cetak secara rinci meliputi :

  1. Koran atau suratkabar (ukuran kertas broadsheet 7 kolom)
  2. Tabloid (1/2 broadsheet)
  3. Majalah (1/2 tabloid atau kertas ukuran folio/kwarto)
  4. Buku (1/2 majalah)
  5. Newsletter (folio/kwarto, jumlah halaman lazimnya 4-8)
  6. Buletin (1/2 majalah, jumlah halaman lazimnya 4-8).

Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan: berita, opini, dan feature.

Media Elektronik

Jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar dan suara dengan menggunakan teknologi elektro, seperti radio, televisi, dan film.

Media Online

yakni media massa yang dapat kita temukan di internet (situs web).

Peran Media Massa (Denis McQuail)

  1. Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa serta menghidupkan industri lain utamanya dalam periklanan/promosi.
  2. Sumber kekuatan –alat kontrol, manajemen, dan inovasi masyarakat.
  3. Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa masyarakat.
  4. Wahana pengembangan kebudayaan –tatacara, mode, gaya hidup, dan norma.
  5. Sumber dominan pencipta citra individu, kelompok, dan masyarakat.

Karakteristik Media Massa

  • Publisitas : disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
  • Universalitas : pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
  • Periodisitas : tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
  • Kontinuitas : berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan periode mengudara atau jadwal terbit.
  • Aktualitas : berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Fungsi Media Massa

Fungsi media massa sejalan dengan fungsi komunikasi massa seperti yang disampaikan Harold D. Laswell:

  • Informasi (to inform)
  • Mendidik (to educate)
  • Menghibur (to entertain)

Menurut UU Pers 40/1999

  • Menginformasikan (to inform)
  • Mendidik (to educate)
  • Menghibur (to entertain)
  • Pengawasan Sosial (social control) –pengawas perilaku publik dan penguasa.

 

Sumber materi : Mata Kuliah Manajemen Media Massa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, Dosen Pengampu Drs. Husnun N. Djuraid, M.Si.

Pos terkait

Berikan Komentar